Nagari Situjuah Gadang


GAMBARAN UMUM KONDISI NAGARI SITUJUAH GADANG

 

1. Gambaran Nagari Situjuah Gadang

a.  Geografis

Nagari Situjuah Gadang merupakan salah satu Nagari yang berada di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota. Situjuah Gadang merupakan daerah yang berbukit-bukit dan persis berada di lereng Gunung Sago. Dalam nagari mempunyai Jorong sebanyak Enam Jorong yakni, Jorong Situjuah Gadang, Jorong Padang Kuniang, Jorong Padang Jariang, Jorong Kociak, Jorong Tanjuang Simantuang dan Jorong Tanjuang Bungo. Untuk luas dan titik koordinat tidak diketahui secara pasti. Daerah ini berketinggian 600 s/d 850 Meter dari permukaan laut. Luas Nagari ini +16,6 Km².

b.  Batas wilayah.

Secara adat Nagari Situjuah Gadang berbatas langsung dengan Banda Nan Tigo Bungo Aie (Limbukan) sampai ke Banda Nan Tuo (Gunuang Sago) dan Koto Baru (Banda Dalam) sampai ke Padang Baduo (Tj.Haro Sikabu-Kabu). Sedangkan secara administratif nagari berbatas langsung, sebelah timur dengan Tj. Haro Sikabu-Kabu dan Gunung Sago, sebelah barat dengan Limbukan dan Banda Dalam, sebelah utara dengan Nagari Banda Dalam dan Gunung Sago, sebelah selatan dengan Padang Kerambia dan Aur Kuning.

c.  Posisi Jarak

Nagari Situjuah Gadang berjarak 2 KM dari kantor kecamatan , 17 Km dari Ibu Kota Kabupaten dan 131 KM dari Ibu kota  Propinsi.

Nagari Situjuah Gadang memiliki 153 Niniak Mamak atau Kepala Kaum dan Kepala Si Warih, dari 4 Cupak  5 Suku, Nan Sagantang Kurang Duo Limo Puluah..

d.  Penduduk.

Nagari Situjuah Gadang berpenduduk 5.417 Jiwa, yang terdiri dari 1.450 KK. Sebahagian besar (88 %) bermata pencarian petani, Buruh Tani. 1,5 % bermata pencarian tukang. Sisanya baru berdagang dan pegawai swasta dan kurang dari 5 % pegawai negeri. Sekarang Ojek juga menjadi salah satu mata pencaharian penduduk, Dinagari Situjuah Gadang ojek mencapai 120 bh.

Masyarakat Nagari Situjuah Gadang kalau di kelompokkan berdasarkan jenis kelamin maka masing-masing berjumlah laki-laki 2.669 jiwa, dan perempuan berjumlah 2.748 yg tersebar di enam Jorong. Sedangkan jumlah dimasing-masing jorong adalah : Jorong Situjuah Gadang 1.122 orang, Padang Kuniang 1.314 orang, Padang Jariang 851 orang, Kociak 783 orang, Tanjuang Simantuang 685 orang dan Tanjuang Bungo 672 orang.

Bedasarkan kenyataan penduduk Nagari Situjuah Gadang mempunyai 310 KK penerima  Raskin, 1.159 Jiwa penerima Jamkesmas dan 378 jiwa penerima Jamkesda. Saat sekarang mulai mengalir tenaga muda 104 orang yang berangkat mencari kerja ke luar negeri seperti Malaysia dan juga merantau di kota-kota lain di Indonesia yang belum tahu tujuan dan tidak mempunyai skill khusus.

e.  Perekonomian.

Nagari yang memiliki lahan pertanian yang subur dengan hamparan petak-petak sawah dan ladang, kebun baik untuk tanaman keras maupun sayur-mayur. Dengan kondisi alam yang sangat subur sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani, namun dengan kondisi saat ini masyarakat petani sangat tidak diuntungkan baik dari segi harga maupun akses informasi sehingganya harga yang berada dipasar menjadi tidak seimbang dengan harga yang berada di tingkatan petani. Selain dari harga pasar yang tidak berimbang kepemilikan lahan pertanian juga tidak seimbang, rata-rata satu orang petani memiliki lahan pertanian dibawah 1 Ha. Dengan perbandingan jumlah petani sebanyak 1.450 KK sedangkan luas lahan pertanian hanya 862 Ha, bahkan ada masyarakat yang tidak punya tanah garapan dan sawah.  Sedangkan untuk mata pencaharian lainnya masyarakat adalah sebagai wiraswasta dan pegawai negeri.

 

2. Pemerintahan Nagari

a. Lembaga pemerintahan

Dengan kembali pada sistem pemerintahan terendah dari jajaran pemerintah adalah Nagari (khusus untuk Sumatera Barat), antara pemerintah dan masyarakat terdapat perbedaan persepsi tentang Nagari, namun kedua belah pihak sama-sama belum yakin dengan sistem bagaimana yang seharusnya dijalankan oleh Pemerintah Nagari.

Nagari  Situjuah Gadang telah mempunyai elemen Pemerintahan Nagari yakni, Legislatif BAMUS (Badan Permusyawaratan), Eksekutif (Wali Nagari), Lembaga Syarak Nagari (LSN)  dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) .

 

Sejak tahun 1970 sampai tahun 1983 Nagari Situjuah gadang berbentuk Nagari dengan 6 Jorong yaitu Jorong Padang Kuning, Jorong Situjuah Gadang, Jorong Padang Jariang, Jorong Kociak, Jorong Tanjuang Simantuang dan Jorong Tanjuang Bungo.  Wali Nagari yang memimpin diantaranya :

  1. Tahun 1970 – 1972 oleh Effendi Dt.Putiah
  2. Tahun 1972 – 1975 oleh Anas Dt.Musaid
  3. Tahun 1975 – 1978 oleh Zainuzir Dt.Rangkayo Bosa
  4. Tahun 1978 – 1980 oleh Sawir Dt.Sahia
  5. Tahun 1980 – 1983 oleh Anas Dt.Musaid

Pada Tahun 1983 sampai tahun 1986 Pemerintahan Nagari berubah menjadi Pemerintahan Desa dengan 6 Desa yaitu :

  1. Desa Padang Kuniang dengan kepala Desa Syahrial Malik
  2. Desa Situjuah Gadang dengan kepala Desa Anas Dt.Musaid,
  3. Desa Padang Jariang dengan Kepala Desa Darman.D
  4. Desa Kociak dengan kepala Desa Yanuar Dt.Rajo Labiah,
  5. Desa Tanjuang Simantuang dengan kepala Desa Mukhtar Dt.Alam Batuah dan
  6. Desa Tanjuang Bungo dengan Kepala Madris Dt.Tunadir

Pada tahun 1986  sampai tahun 2001 masih Pemerintahan Desa tetapi berubah menjadi 3 Desa yaitu :

  1. Desa Padang Kuniang dengan Kepala Desa :
    1. Tahun 1986 – 1998 oleh Noerdin
    2. Tahun 1998 – 2001 oleh Nofrianto
  2. Desa Situjuah Gadang, gabungan Desa Kociak, Situjuah Gadang dan Padang Jariang dengan Kepala Desa :
    1. Tahun 1986 – 1999 oleh Asril Chatib
    2. Tahun 1999 – 2001 oleh Herman Effendi (Pjs)
  3. Desa Bulakan Tinggi, gabungan Desa Tanjuang Simantuang dan Tanjuang Bungo dengan Kepala Desa :
    1. Tahun 1986 – 1998 oleh Mukhtar Dt.Alam Batuah
    2. Tahun 1998 – 2001 oleh Yurismi Noerdin

Pada tahun 2001 sampai sekarang kembali berubah menjadi Nagari dengan satu Nagari yaitu Nagari Situjuah Gadang dengan 6 Jorong yaitu Jorong Padang Kuniang, Jorong Situjuah Gadang, Jorong Padang Jariang, Jorong Kociak, Jorong Tanjuang Simantuang dan Jorong Kociak, dengan Wali Nagari :

  1. Tahun 2001 – 2004 oleh Asril Chatib Dt.Nan Kodo
  2. Tahun 2004 – 2005 oleh F.Dt.Bandaro Putiah (Pjs)
  3. Tahun 2005 – 2010 oleh Eka Kurniawan Sago Indra
  4. Tahun 2010 – Sekarang oleh Syofiarledi

 

b. Petani dan Kelompok Tani

Kelompok Tani dan KWT Nagari Situjuah Gadang berjumlah sekitar 653 anggota yang tergabung dalam 26 kelompok,  kelompok tani ini ada yang berbasiskan sawah, tanaman Holtikultura, Perikanan juga kelompok yang sudah memproduksi seperti pembuatan kerupuk

 

c. Lembaga social

Nagari Situjuah Gadang terdapat lembaga sosial selain dari lembaga Kenagarian Organisasi pemuda di setiap Jorong, kelompok tani ibu-ibu (KWT) disetiap jorong dan kelompok peternak di Jorong Padang Kuniang, kelompok ojek di Jorong Situjuah Gadang dan Wirid Yasin juga terdapat disetiap Jorong.

Saat Sekarang telah terbentuk Lembaga baru yang bergerak independen yakni :

  • PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang bertugas sebagai lembaga pendidikan di masyarakat yang membidangi :
  1. Bidang Pendidikan Pokok ( Pelaksana  PAUD, Paket A, B, C, TK dan pendidikan informal lainnya )
  2. Bidang Pendidikan Keterampilan ( jahit menjahit, perbengkelan, industri rumah tangga )
  3. Bidang Pertanian ( pendidikan tani organik, intensifikasi pertanian, meningkatkan mutu hasil pertanian, pembibitan )
  4. Bidang Peternakan (  pendidikan dibidang peternakan  )
  5. Kegiatan bidang usaha ( pendidikan tentang koperasi, berkelompok, pemasaran, manajemen usaha)
  • FK TPA/TPSA ( Forum Komunikasi Taman Pendidikan Al-Qur’an / Taman Pendidikan Seni Al-Qur’an  ) yang bertugas sebagai lembaga pendidikan di masyarakat, yang membidangi :
  1. Merupakan titik simpul guru-guru TPA, TPSA yang ada di Nagari Situjuah Gadang.
  2. Pelaksana pendidikan silabus dan kurikulum TPA.
  3. Penggalangan dana untuk sarana dan prasarana serta honor para guru.

 

  • BAZ ( Badan Amil Zakat ) Yang bertugas sebagai lembaga  pengumpul dan penyalur zakat, wakaf, infak, sedekah di masyarakat dan menyalurkannya kepada yang berhak    Lembaga yang sudah ada selama ini adalah :
  • L S N ( Lembaga Syara’ nagari )yang berfungsi sebagai Pertimbangan agama/Syara’ di nagari, melaksanakan pendidikan kader khatib,  pekomendasian calon P3N,  dan Peningkatan di bidang Agama.
  • K A N ( Kerapatan Adat Nagari ) Merupakan Payuang Panji dalam kenagarian Situjuah Gadang dan mengatur dan Sako jo Pusako dalam nagari. Berperan dalam Peningkatan dan pengembangan adat serta berwenang dalam merumuskan dan pelaksanaan Adat di nagari.
  • PKK dan Bundo Kanduang,Merupakan Organisasi Keperempuanan di nagari dalam konteks memajukan posisi tawar perempuan dalam kebijakan, demokratisasi, Penyeimbangan Gender. Melakukan pendidikan-pendidikan yang berkaitan dengan peran fungsi keperempuanan serta pendataan dan kegiatan peningkatan perekonomian dalam keluarga .
  • Pemuda Organisasi Kepemudaan merupakan suatu lembaga yang bergerak dalam bidang memajukan daya pikir dan melaksanakan kegiatan kepemudaan dan diusahakan untuk kreatif, inovatif dan berwawasan. Lembaga ini berfunsi dalam menjaga Parik Paga Nagari.

  • 18 Juni 2021

Statistik

Link Banner

Informasi Kontak