JORONG KOTO NAGARI SITUJUAH BATUA DIDEKLARASIKAN SEBAGAI KAMPUNG PANCASILA

by Admin | Category Budaya | Jumat, 23 September 2022

49 Dibaca

Situjuah, 22-09-2022 Camat Situjuah Limo Nagari Drs.Rahmad Hidayat, M.Si dan Wali Nagari Sit .Batua DV.Dt.Tan Marajo menerima kunjungan Dandim 0306/50 Kota Bapak Letkol Inf. Denny Nurcahyono, SH,M.Han dalam rangka kunjungan/meninjau Kampung Pancasila di Jorong Koto Nagari Situjuah Batua.

Bapak Letkol Inf. Denny Nurcahyono, SH,M.Ha disela kunjungannya memaparkan Latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila, adalah : (1) Menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara; (2) Sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat; (3) Sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama; (4) Sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras; dan (5) Adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.

Sedangkan tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah sebagai berikut : (1) Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas; (2) Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat di Pancasila, karena penduduknya beragam; (3) Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika; (4) Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila; dan (5) Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul.

Pengembangan budaya melalui Pancasila juga akan menghasilkan kecerdasan spiritual. Lalu, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional, dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual.

Harapan pemerintah secara Nasional setiap Koramil/Kecamatan nantinya mesti memiliki Kampung Pancasila yang pada akhirnya setiap Nagari yang ada harus pula punya Kampung Pancasila untuk kembali menanamkan nilai-nilai yang terkandung dari sila peratama sampai seila kelima. mf-rf


Statistik

Link Banner

Informasi Kontak