Drs. Rahmad Hidayat, M.S Wakili Kabupaten Lima Puluh Kota Penilaian Kompotensi Camat Tingkat Provinsi Tahun 2022

by Admin | Category Pemerintahan | Rabu, 21 September 2022

55 Dibaca

Drs. Rahmad Hidayat, M.Si Camat Situjuah Limo Nagari dipercaya sebagai Camat berprestasi ditingkat Kabupaten LIma Puluh Kota kemudian diundang ke Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan persentasi sesuai dengan Tupoksi Camat yang diunggulkan, setelah dilakukan penilaian di Provinsi Sumatera Barat keluarlah enam besar Camat berprestasi untuk di nilai tahap kedua salah satunya adalah Drs. Rahmad Hidayat, M.Si Camat Situjuah Limo Nagari mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota untuk Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pada hari ini Selaasa (20-09-2022) dilakukan penilaian Tahap Ke II ke Lapangan artinya klarifikasi dengan masyarakat beserta apa saja yang diungulkan oleh Camat dalam persentasenya ketika diprovinsi dan pembuktian lapangan ke Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Diantaranya adalah bagaimana klinik keuangan melakukan peranan dalam bentuk melaksanakan IKU Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang salah satunya adalah Pentapan Peraturan Nagari Tentang APBNagari tepat waktu, tapi bukan hanya sekedar APB-Nagari tepat waktu akan tetapi mulai dari memfasilitasi nagari dalam 5 (lima) aspek yaitu:

  1. aspek perencanaan;
  2. aspek pelaksanaan;
  3. aspek penatausahan;
  4. aspek pertanggungjawaban; dan
  5. aspek pelaporan.

Semua itu dikawal oleh kecamamatan melalui anggota klinik keuangan nagari agar pemerintahan nagari tidak ada yang tersandung dalam persoalan hukum, kemudian sambil berjalan keluar Peraturan Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2020 Tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa mulai dari pengawasan oleh :

  1. pengawasan oleh APIP;
  2. pengawasan oleh Camat;
  3. pengawasan oleh Badan Permusyawaratan Desa/Nagari; dan
  4. pengawasan oleh masyarakat Desa/Nagari.

Berdasarkan permendagri tersebut membuat Camat tambah berperan dalam melakukan pembinaan dalam Bidang Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kunjungan lapangan dari Tingkat Provinsi dilaksanakan oleh Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Bapak Deni Rahmat S, Drs Alwis, Drs. Mardi dan Bapak Andri Yulika , SH.

“Pemkab Limapuluh Kota berharap partisipasi semua pihak dalam kegiatan kompetisi camat itu, karena menjadi salah satu poin penting mengantarkan Camat Situjuah Limo Nagari menjadi terbaik di tingkat Sumbar,” katanya saat  membacakan sambutan Bupati Limapuluh Kota.

Ia mengatakan, tahap pertama masing camat sudah mempersentasi makalah dan kinerjanya, dan penilaian tahap II ini merupakan penggalian gagasan oleh tim ke wilayah kerja masing-masing camat dengan melibatkan pemangku kepentingan dan mitra kerjanya.

“Kesuksesan Camat Situjuah  Limo Nagari menjadi terbaik di Sumbar tidak terlepas dari kerjasama dan hubungan yang baik antar camat dengan aparatur kecamatan, forkopimca, serta seluruh unsur yang ada di kecamatan,” katanya.

Menurutnya, peran camat  sebagai  motivator, inovator, inisiator, dan fasilitator terlah berjalan dengan baik, sehingga telah banyak prestasi, inovasi dari nagari-nagari, kelompok-kelompok masyarakat, bahkan prestasi personal dari Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Lebih lanjut, Mantan Kadis DPMN/D Kabupaten Limapuluh Kota itu menjelaskan peran camat sebagai koordinataor telah menciptakan sistem kerja bersama pemerintah nagari dan bamus nagari terutama masalah keuangan nagari.  Selain itu juga mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan, serta inovasi-inovasi lainnya.

“Harapan kami, ke depannya kerjasama ini dapat dipertahankan. Keberhasilan pemimpin mustahil tanpa adanya sokongan dari orang-orang disekelilingnya,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Tim penilaian kompetensi camat tingkat Sumbar, Andri Yulika mengatakan setiap tahun Pemprov Sumbar melaksanakan kompetisi camat. Kompetisi tersebut telah dimulai secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai ke provinsi.

“Kompetisi ini bukan untuk gagah-gagahan atau bukan sekadar mencari penghargaan, akan tetapi untuk meningkatkan  kompetensi camat. Tentunya yang dikirim oleh kabupaten/kota adalah yang terbaik, tidak bisa dengan ditunjuk saaja, melain juga harus dilakukan kompetisi di tingkat bawah,” katanya.

Penilaian II ini, katanya tim akan membuktikan apa yang telah dipersentasikan pada penilaian tahap I kemarin. Pihaknya apa yang disampaikan masyarakat sesuai dengan apa yang dilakukan camat selama ini, bukan dipaparkan yang baik-baik saja.

Penilaian diakhiri dengan makan bersama yang telah disediakan oleh TP.PKK Kecamatan Bersama TP. PKK Nagari se-Kecamatan Situjuah Limo Nagari.


Statistik

Link Banner

Informasi Kontak